ticker

6/recent/Ticker-posts

Grebek Kantor Pinjol Online Ilegal di Sleman, 83 Debt Collector Dibawa Ke Polda Jabar

 

BANDUNG, AZYNEWS- Polda Jawa Barat menggerebek kantor perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal. Sebanyak 83 orang debt collector diringkus.

Perusahaan pinjol ilegal yang digerebek Polda Jabar berada di sebuah ruko lantai 3 Jalan Prof Herman Yohanes, Sami rono, Caturnunggal, Kecamatan Depok, Kota Yogyakarta, DIY. Polisi menggerebek tempat tersebut pada Kamis (14/10/2021).

Penggerebekan ini dilakukan tim subdit V siber Ditreskrimsus Polda Jabar bekerja sama dengan Polda DIY. Pengungkapan ini sendiri berawal dari laporan seorang korban bernama Tedy Mulyadi ke Polda Jabar.

"Hasil kerjasama dengan Ditreskrimsus Polda DIY dan penyelidikan terhadap kantor tersebut, tim mendapatkan sebuah fakta bahwa benar adanya penyelenggaraan penagihan pinjaman online," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Arief Rahman.

Arief menuturkan perusahaan pinjol ilegal tersebut menjalankan 23 aplikasi pinjol ilegal. Ke-23 aplikasi tersebut diketahui tak terdaftar di OJK.

"Ini kegiatan mereka lintas daerah," tuturnya.

Arief menuturkan dari pengungkapan tersebut, polisi berhasil menemukan 83 orang yang diduga sebagai debt collector online. Ke 83 orang tersebut saat ini tengah diamankan.

"(Puluhan orang yang diamankan) masih dalam proses pemeriksaan di tempat bekerja sama dengan Ditreskrimsus Polda DIY," kata Arief.

Polisi juga turut menyita barang bukti berupa 105 ponsel yang digunakan untuk penagihan dan juga 105 PC dan laptop yang digunakan juga untuk aktivitas pinjol ilegal.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda DIY Kombes Yuliyanto mengatakan, puluhan orang itu sudah dibawa ke Jawa Barat pada Jumat (15/10/2021) dini hari. 

Mereka diangkut dengan kendaraan milik Polda DIY.

"Pinjol yang dilakukan penggerebekan tadi malam, tadi pagi jam 3 sudah di bawa ke Polda Jawa Barat," kata Yuliyanto, Jumat. 

Turut dibawa pula ke Polda Jawa Barat beberapa barang bukti yang ditemukan di kantor operator pinjaman online di Jalan Prof Herman Yohanes, Kabupaten Sleman, Pungkasnya. (Red./Ito Waskito)

Posting Komentar

0 Komentar