ticker

6/recent/Ticker-posts

Jabar Siaga Satu, Unsur Masyarakat Ikut Dilibatkan Tangani Bencana Alam

 


BANDUNG, AZYNEWS- Bencana alam mulai 'menghantui' beberapa daerah di Jawa Barat. Beragam unsur masyarakat pun siap dilibatkan dalam upaya penanggulangan bencana alam.

Salah satu unsur yang dilibatkan yakni Jabar Quick Response (JQR). Unsur tersebut bakal menjadi tim yang turut terlibat membantu penanggulangan bencana di Jabar.

"Masyarakat yang tertimpa kemalangan harus segera mendapatkan bantuan," ucap Ketua Umum JQR Bambang Trenggono dalam keterangannya, Jumat (12/11/2021) kemarin.

Dalam penanggulangan bencana tersebut, tim JQR sudah mendapatkan pelatihan khusus dari Badan SAR nasional (Basarnas). Selain tim JQR, unsur bikers dari BB 1% MC West Java Chapter juga turut terlibat dalam penanggulangan bencana.

"Walau telah melakukan banyak terjun ke lokasi kebencanaan, tim disaster JQR harus memiliki kemampuan yang tersertifikasi dari Basarnas, dan itu bukan hal yang mudah, butuh proses pembelajaran baik materi maupun aplikasi di lapangan, kita ciptakan sumber daya manusia yang profesional dan memadai dalam menghadapi bencana," kata dia.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah menambahkan adanya keterlibatan masyarakat lain diharapkan membantu proses penanggulangan bencana. Sehingga, upaya penanggulangan bencana bisa dilakukan dengan cepat.

"Pembinaan SAR Community ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan di Wilayah Jawa Barat dan kesiapsiagaan Basarnas Bandung dalam pelaksanaan operasi SAR, bentuk pelatihannya sharing pengetahuan dan keterampilan di banjir, arus deras dan danau," kata dia.

"Tentunya dengan semakin banyaknya potensi dan personil yang memiliki keterampilan SAR dan mitigasi kebencanaan semakin memperingan tugas dari institusi seperti Basarnas dan BPBD, kami tidak bisa bekerja sendiri harus ada sinergitas," ujar Deden menambahkan.

Vice President Bikers Brotherhood 1% MC West Java Chapter Adi Ochun Fitriadi mengatakan keterlibatan bikers ini sebagai bentuk kepedulian antar sesama.

"Kita sering terjun ke operasi SAR permukaan air namun dengan pelatihan ini bisa meningkatkan kemampuan kami untuk menolong korban dan membantu Basarnas di lapangan, yang ikut latihan berasal dari prospect hingga life member BB 1%," ucapnya. (Red./Dodi S)

Posting Komentar

0 Komentar