ticker

6/recent/Ticker-posts

Libur Panjang, Lonjakan Penumpang di Terminal Leuwipanjang Bandung Naik Hampir 100 Persen

 


BANDUNG, AZYNEWS- Warga dari luar daerah mulai berdatangan untuk mudik ke wilayah Bandung dan sekitarnya. Mereka memanfaatkan libur panjang Wafat Isa Almasih supaya bisa segera bertemu keluarganya menjelang Lebaran 2022.

Para pemudik itu mulai memenuhi Terminal Leuwipanjang yang memang menjadi tujuan pemudik yang berasal Banten ataupun dari Pulau Sumatera. Pengelola terminal bahkan mencatat adanya lonjakan penumpang signifikan yang mulai berdatang ke Bandung saat libur panjang.

"Libur panjang ini memang kenaikannya hampir 100 persen. Beda dengan hari-hari biasanya," kata Kepala Terminal Leuwipanjang Asep Hidayat, Minggu (17/4/2022).

Asep merinci, sebelum libur panjang, terminal biasanya hanya menerima kedatangan sekitar 1.400-1.500 penumpang. Namun dalam dua hari kemarin, jumlah penumpang tercatat tembus hingga 2.500 orang yang tiba di Terminal Leuwipanjang.

"Dua hari kemarin rata-rata 2.500 penumpang dan 350 bus yang datang ke Terminal Leuwipanjang," terangnya.

Selain pemudik yang mulai berdatangan, jumlah penumpang yang meninggalkan Bandung juga mengalami kenaikan saat libur Jumat Agung. Berdasarkan catatan, kenaikan penumpang yang meninggalkan Bandung berkisar hingga 20 persen.

"Biasa sebelum puasa kita memberangkatkan penumpang 1.300 orang, sesudah puasa pekan kedua kita memberangkatkan 1.500 penumpang. Ada peningkatan sekitar kurang lebih 20 persen dan bus rata-rata yang berangkat mencapai 329," ucapnya.

Terminal Leuwipanjang pun menyiapkan sejumlah antisipasi jika terjadinya lonjakan penumpang saat Lebaran 2022. Salah satunya dilakukan dengan pengecekan kendaraan secara berkala dan penerapan prokes di lingkungan terminal.

"Antisipasi sudah kita siapkan, insya Allah mudah-mudahan lancar. Kalau Terminal Leuwipanjang kan hanya melayani rute dari barat, peminatnya banyak yang dari Merak, Palembang, Tangerang, Sukabumi, Bogor, Depok dan Cikarang," pungkasnya.(Red./Dodi S)

Posting Komentar

0 Komentar