ticker

6/recent/Ticker-posts

Pemprov Jabar Siapkan 3.000 Dosis Vaksin Untuk Pemudik

 


BANDUNG, AZYNEWS- Pemprov Jabar rencananya menyiapkan sekitar 3.000 dosis vaksin untuk pemudik. Pemprov masih membahas teknis pelaksanaan vaksinasi bagi pemudik.

"Jumlah vaksin disiapkan minimal 3.000 dosis, tapi yang paling aman adalah pemudik sudah vaksinasi penuh, karena kalau di rest area atau posko divaksin, kita khawatir ada KIPI yang nantinya malah membahayakan," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Rabu (20/4/2022).

Ridwan Kamil memprediksi sebanyak 14,9 juta pemudik diperkirakan akan masuk Jabar. Sementara yang keluar dari Jabar mencapai 9,2 juta orang.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengaku telah berkoordinasi terkait pengelolaan arus lalu lintas dengan berbagai pihak. Pemprov rencananya menyiapkan 126 posko mudik. Sementara itu, Polda Jabar juga akan membangun 337 posko.

"Persiapannya ada 500 lebih posko sudah disiapkan oleh Pemprov dan Polda Jabar," kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Kang Emil mengimbau pemudik sudah melakukan vaksinasi dosis lengkap. Ia menyarankan pemudik yang menuju daerah berstatus merah atau tinggi risiko untuk melakukan vaksinasi.

Kang Emil juga menyampaikan tentang perkembangan kasus COVID-19 di Jabar. Pasien positif COVID-19 yang dirawat di rumah sakit tersisa 390 orang. Selebihnya menjalani isolasi mandiri.

"Vaksin juga 220 ribu dosis per hari. Terbaik dan terbanyak di Indonesia. Total vaksinasi lebih dari 73 juta dosis yang diberikan ke masyarakat," kata Kang Emil.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengaku telah mempertimbangkan rencana layanan vaksin booster yang disediakan pihak kepolisian saat mudik Lebaran. Teknis pelaksanaan vaksinasi menjadi hal utama demi keselamatan pemudik.

"Kita harus konsultasi terlebih dahulu dengan Dinas Kesehatan mengenai hal itu. Apakah memungkinkan pemudik melakukan vaksinasi di perjalanan" kata Setiawan dalam keterangan yang diterima.

Sementara itu, akun resmi Humas Pemprov Jabar mengunggah jadwal vaksinasi pada tanggal 21 dan 22 April yang digelar di Gedung Sate, Kota Bandung. Pemprov mengajak masyarakat, khususnya yang ingin mudik untuk mengikuti vaksinasi.

Vaksinasi tersebut merupakan realisasi dari gerakan satu juta vaksin BPBD Jabar. Bagi masyarakat yang telah divaksin bisa langsung berbelanja di bazar murah di lokasi tersebut. (Red./Dodi S)

Posting Komentar

0 Komentar