ticker

6/recent/Ticker-posts

Dibangun Puluhan Tahun Lalu, Sejarah Baru Peringatan Waisak 2022 di Vihara Tanda Bhakti Bandung

 


BANDUNG, AZYNEWS- Perayaan Waisak 2566 BE menjadi momen bersejarah bagi Vihara Tanda Bhakti, Kota Bandung. Betapa tidak, sejak dibangun puluhan tahun lalu, vihara ini baru pertama kali menggelar upacara perayaan Waisak di tahun 2022 ini.

Pembina Vihara Tanda Bhakti Ir. Tan Tjong Boe mengatakan upacara perayaan Waisak belum pernah diselenggarakan di Vihara yang berada di Kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung ini.

"Hari ini kita melaksanakan prosesi upacara Waisak pertama. Di sini sebelumnya memang belum pernah melaksanakan upacara Waisak," kata Tan Tjong.

Menurutnya, sejak Vihara Tanda Bhakti dibangun pada 1976, upacara perayaan Waisak belum sempat terlaksana karena beberapa hal. Baru pada 2022 ini, perayaan Waisak bisa diperingati dengan prosesi upacara yang diikuti oleh seratusan orang.

"Tahun sebelumnya ditiadakan karena dulu mungkin belum siap, sekarang sudah disiapkan jauh hari dan hari ini sejarah pertama kali diadakannya upacara Waisak di sini sejak pertama kali berdiri tahun 1976," ungkapnya.

Pada perayaan Waisak tahun ini, Vihara Tanda Bhakti mengusung tema 'Berkesadaran dalam Persaudaraan' yang menurut Tan Tjong mengandung bermakna sangat berarti bagi umat Budha.

"Upacara ini mengandung arti yang sangat berarti bagi kita semua, ya memberikan kebahagiaan, kebijaksanaan, dan kebaikan untuk kita semua," jelasnya.

Menurutnya, persiapan menyambut perayaan Waisak telah dilakukan oleh Vihara Tanda Bhakti sejak jauh-jauh hari. Bahkan rangkaian acara juga telah dimulai saat Ramadan kemarin.

"Perayaan Waisak ini sebenernya sudah dijalankan sejak bulan Ramadan kemarin kita berbagi takjil, sembako, itu sebuah rangkaian sampai kemarin ada acara memandikan patung untuk membersihkan diri kita," ucap Tan Tjong.

"Hari ini puncaknya upacara Waisak di jam 11.13 (WIB). Puncak acara ini kita melaksanakan upacara Waisak seluruh dunia bersama-sama di jam yang sama," imbuhnya.

Pada momen perayaan Waisak tahun ini, umat Buddha di Vihara Tanda Bhakti juga turut mendoakan kesejahteraan dan kemajuan bagi bangsa Indonesia.

"Harapan dari Waisak tahun ini bisa memberikan sesuatu yang lebih berarti lagi bagi seluruh umat dan mendoakan untuk memajukan kesejahteraan bangsa negara dan semua umat," pungkasnya. (Red./Waskito)

Posting Komentar

0 Komentar