ticker

6/recent/Ticker-posts

Gelar Konvoi di Jabar, Polisi Sebut Khilafatul Muslimin Kelompok Ilegal

 


AZYNEWS- Polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap kelompok Khilafatul Muslimin yang melakukan konvoi di Jabar. Polisi menyebut kelompok tersebut ilegal.

"Ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan. Salah satunya di Cimahi," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (3/6/2022).

Ibrahim menuturkan berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, kelompok tersebut ternyata tak memiliki legalitas. Sehingga, kata dia, disimpulkan bila kelompok Khilafatul Muslimin merupakan kelompok ilegal.

"Yang di Cimahi itu, mereka melakukan rapat organisasinya, yang kita temukan mereka tidak punya legalitas itu organisasi ilegal," katanya.

Kendati demikian, polisi masih melakukan pendalaman terkait adanya kelompok tersebut. Termasuk mendalami tujuan dari aksi konvoi yang berlangsung beberapa waktu lalu.

"Mereka tidak memiliki izin kegiatan itu. Kalau arah tujuannya seperti apa, kita harus melakukan pendalaman lagi," tutur Ibrahim.

Sebelumnya, Polisi menyebut konvoi kelompok Khilafatul Muslimin juga terjadi di Jawa Barat. Polisi tengah mendalami kemunculan konvoi tersebut.

"Di Jabar sudah dilakukan pemeriksaan ada beberapa yang melaksanakan konvoi. Ada yang di daerah Cimahi dan Karawang kalau tidak salah," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo saat dikonfirmasi, Selasa (31/5/2022).

Ibrahim menjelaskan sejauh ini belum diketahui maksud dan tujuan dari kegiatan konvoi tersebut. Pihaknya masih melakukan pendalaman.

"Tetapi dari tulisan yang ada, sudah mengajak membuat sistem khilafah yang mungkin bertentangan dengan sistem di negara kita," kata dia. (Red./Waskito)

Posting Komentar

0 Komentar