ticker

6/recent/Ticker-posts

Upaya Pencegahan Stunting Pada Anak, Menkes RI: Daripada Buat Beli Rokok Bapaknya, Mending Beli Telur untuk Anak

 


BANDUNG, AZYNEWS- Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin mengimbau orang tua untuk melakukan upaya-upaya pencegahan stunting anak.

Menkes mengimbau para orang tua untuk disiplin mengawasi kesehatan anaknya, terutama dengan menimbang perkembangan berat badan anak setiap bulan di fasilitas kesehatan.

Selain itu, orang tua juga mesti memiliki pengetahuan untuk meningkatkan gizi anak. Jika berat tak kunjung naik, maka orang tua dapat memberikan satu butir telur kepada anaknya.

Untuk itu, Menkes mengimbau ibu-ibu untuk mengalokasikan dana rumah tangga untuk membeli telur demi anak ketimbang membeli rokok para bapak.

“Jadi timbang (beratnya) tiap bulan,enggak naik, kasih telur sebutir. Telur itu satu kilo, saya enggak tahu di DKI, bapak Gubernur jagain harga ya, itu harganya bisa geser-geser. kadang Rp30 ribu, Rp20 ribu, Rp32 ribu. Kalau enggak salah sekali beli dapatnya berapa? 16 (butir) ya?,” ujar Budi, Jumat (24/2/2023) Kemarin.

“Jadi bayangin, dengan Rp30 ribu bisa dapat 16 telur cukup buat si bayi 16 hari. Daripada dipakai buat ngerokok bapak-bapaknya itu mungkin bisa habis Rp10 ribu sehari, mendingan beliin telur buat anak-anaknya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mencanangkan program penurunan angka prevalensi stunting hingga 2024. RI 1 itu ingin prevalensi turun ke 14 persen sebelum ia mengakhiri masa jabatan. (Red./Annisa)

Posting Komentar

0 Komentar