ticker

6/recent/Ticker-posts

Asia Afrika Festival 2023 Berlangsung Meriah

 


BANDUNG, AZYNEWS- Asia Afrika Festival (AAF) tahun 2023 menampilkan pawai kebudayaan yang diisi oleh berbagai komunitas dan delegasi negara-negara sahabat. Jalan Asia Afrika, Kota Bandung jadi saksi kemeriahan digelarnya ajang tahunan ini pada Sabtu (29/7/2023).

Asia Afrika Festival digelar mulai pukul 14.00 WIB dengan diikuti ratusan peserta. Teriknya panas matahari tidak menghalangi semangat dan antusias peserta maupun masyarakat yang hadir dalam festival ini.

Pawai dilakukan sepanjang Jalan Asia Afrika dan ditonton oleh tamu undangan dari perwakilan 17 negara Asia Afrika seperti Pakistan, Sudan, Nigeria, Filipina, Laos, termasuk dari Korea Utara, Syria dan Kenya. AAF 2023 merupakan juga bagian dari rangkaian peringatan Konferensi Asia Afrika ke 68.

"Pelaksanaan Asia Afrika Festival 2023, kalau kita merunut ke belakang bahwa ini yang ke 68 peringatan Konferensi Asia Afrika yang peristiwanya sudah terjadi 68 tahun lalu," kata Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna saat diwawancara.

Asia Afrika Festival ini sempat vakum selama tiga tahun karena pandemi COVID-19. Karena itulah, Ema mengungkapkan jumlah peserta yang ikut dalam pawai ini tidak sebanyak saat terakhir kali digelar, yakni pada 2019 lalu.

"Walaupun mungkin untuk tahun ini jumlahnya tidak sebanyak beberapa tahun lalu, wajar saya pikir ini masa recovery tetapi dengan kedatangan ada 17 negara ada 6 (negara) yang ikut dalam kegiatan (pawai) festival itu sudah menunjukkan satu hal yang positif," ungkapnya.

Ema juga menuturkan, selain dihadiri delegasi negara sahabat, festival ini juga dimeriahkan oleh perwakilan dari sejumlah kabupaten/kota lain di luar Kota Bandung. Menurutnya, Asia Afrika Festival tahun ini mengusung tema Universe of Creative Culture.

"Tema yang kita ambil di tahun ini adalah Universe of Creative Culture. Jadi lebih mengutamakan pada aspek budaya, kemudian juga kreativitas budaya yang nanti secara visual bisa kita lihat berbagai peragaan-peragaan, seni, partisipan dari Kota Bandung, dari daerah-daerah lain termasuk juga dari negara-negara sahabat yang ikut hadir dalam event ini," paparnya.

Menurutnya, Afrika Festival ini jadi momentum kebangkitan ekonomi Kota Bandung. Sebab dengan rangkaian acara ini, memberikan efek luas seperti penuhnya hotel-hotel hingga sejumlah tempat lainnya di Bandung.

"Kita bisa kembali melihat berbagai peristiwa yang bisa berkontribusi pada indeks kebahagiaan masyarakat dan juga kami yakin ini akan memberikan kontribusi pergerakan ekonomi di Kota Bandung," ujarnya.

Ema juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat lantaran sejumlah ruas jalan yang ditutup karena adanya Asia Afrika Festival 2023 ini.

"Kepada warga masyarakat kalaupun ada sedikit terganggu karena ada penutupan ruas jalan untuk sekian jam ya mohon bisa dimaklumi, toh ini bukan kegiatan mingguan tetapi kegiatan yang sifatnya tahunan," pungkasnya. (Red./Alin)

Posting Komentar

0 Komentar