ticker

6/recent/Ticker-posts

Sekda Jabar Pastikan Pembersihan Sampah di Sungai Citarum Kabupaten Bandung Barat Akan Rampung Akhir Juli 2024

 


BANDUNG, AZYNEWS- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman memastikan proses pembersihan Sungai Citarum di kawasan Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Desa Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat terus berprogres. Ia menyebut pembersihan ditargetkan rampung akhir Juli 2024.

"Insya Allah, kita ikhtiarkan. Ini sudah didiskusikan strateginya. Dibutuhkan waktu tambahan tuntas sekitar bulan Juli, bisa selesai 1,5 bulan waktunya. Jadi radius 500 meter ke arah barat dan timur kita upayakan akan selesai dan satu bulan setengah kita dorong radius lebih dari itu," ujar Herman.

Herman menjelaskan, pembersihan Sungai Citarum di bawah Jembatan BBS jenis sampahnya tidak melulu sampah baru, melainkan ada pula sampah yang sudah lama terpendam di dasar sungai. Maka dari itu memerlukan waktu satu bulan untuk mengangkat sampah tersebut.

"Mengapa perlu waktu satu bulan tambahan karena karakter sampahnya di sektor ini bukan sampah baru saja, relatif banyak itu justru sampah lama yang di dalam, ketika ada angin naik ke atas," jelasnya.

Guna memastikan pembersihan berjalan tuntas, ia menggandeng berbagai stakeholder mulai dari pemerintah daerah hingga TNI. Tak hanya itu, Pemdaprov Jabar bersama BBWS Citarum akan memasang jaring di hulu Sungai Citarum untuk memfilter sampah.

"Maka dari itu kita tangani sarana prasarana yang ada agar satu minggu ini bersih di area 500 meter ke barat dan timur," tandasnya.

"Termasuk kita akan pasang jaring di hulu sehingga sampah baru bisa kita filter tidak masuk ke arah hilir. Kuncinya kolaborasi semua pihak untuk Citarum Harum, makanya kita undang kabupaten kota di Cekungan Bandung," pungkas Herman.

Untuk diketahui, kondisi tumpukan sampah yang terjadi di Sungai Citarum tepatnya di kawasan Jembatan Babakan Sapan viral di media sosial. Video tumpukan sampah yang menutup bagian permukaan sungai itu banyak dibagikan oleh netizen di media sosial.

Bahkan, kondisi tersebut turut mendapatkan perhatian dari grup pecinta lingkungan yaitu Pandawara Grup. Mereka rencananya akan melakukan aksi bebersih sampah tersebut dengan mengajak masyarakat untuk bergabung dalam aksi tersebut. (Red./Waskito)




"Termasuk kita akan pasang jaring di hulu sehingga sampah baru bisa kita filter tidak masuk ke arah hilir. Kuncinya kolaborasi semua pihak untuk Citarum Harum, makanya kita undang kabupaten kota di Cekungan  Bandung," pungkas Herman.

Untuk diketahui, kondisi tumpukan sampah yang terjadi di Sungai Citarum tepatnya di kawasan Jembatan Babakan Sapan viral di media sosial. Video tumpukan sampah yang menutup bagian permukaan sungai itu banyak dibagikan oleh netizen di media sosial(Red./Waskito)

Posting Komentar

0 Komentar