ticker

6/recent/Ticker-posts

Satgas UPP Saber Pungli Kota Bandung dan Provinsi Jabar Berkolaborasi Berantas Pungli

 


BANDUNG, AZYNEWS- Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengapresiasi kesiagaan Satgas Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Jawa Barat dalam upaya memberantas pungutan liar (pungli).

Ia juga meminta agar terbangun sinergitas antara UPP Saber Pungli Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung. Pasalnya, kata Bambang, pungutan liar merupakan salah satu tantangan dalam dinamika pembangunan kota.

"Kami ucapkan terima kasih dan mohon arahan dari UPP Saber Pungli Jawa Barat. Kami menyadari ada beberapa hal yang perlu dimaksimalkan," ujar Bambang saat menerima Audiensi UPP Saber Pungli Jabar, Kamis (25/7/2024).

Ia juga menambahkan, Saber Pungli Kota Bandung akan mengakselerasi kinerja dalam memberantas pungli di Kota Bandung dengan dua upaya yaitu menyempurnakan struktur organisasi dan membuat struktur anggaran lebih ideal.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Jawa Barat, Kombes Pol Kalinda Rendra Raharja menyebut, Satgas UPP Saber Pungli Kota Bandung sangat beririsan dengan Saber UPP Pungli Jawa Barat.

Ia juga menekankan tiga hal dalam audiensi kali ini:
1. Sinergitas Satgas UPP Saber Pungli Jawa Barat dengan Satgas UPP Saber Pungli di 27 Kabupaten/Kota;
2. Upaya digitalisasi dalam operasional Satgas UPP Saber Pungli;
3. Kegiatan/Program Pemerintah Kota yang berpotensi menimbulkan pungli.

"Semoga, peran Satgas UPP Saber Pungli di kabupaten kota di Jawa Barat bisa lebih maksimal," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Pembantu Khusus Inspektorat Daerah Kota Bandung, Riki Fachdiar Iskandar mengungkapkan, sudah lebih dari 1000 kegiatan dikerjakan Saber Pungli Kota Bandung sepanjang 2024. Ia juga menambahkan ada 70 penindakan per Juli 2024.

Riki juga memberi Masukan untuk Satgas UPP Saber Pungli Jawa Barat terkait sinergitas yang akan dibangun dengan Satgas UPP Saber Pungli Kota Bandung. Antara lain:
1. Raker perlu masif dilakukan;
2. Pembaruan Struktur Organisasi;
3. Mencari solusi pencegahan pungli di level sekolah.

"Semoga saber pungli Kota Bandung banyak mendapatkan pembinaan dari Saber Pungli Provinsi Jawa Barat. Dari segi prosedur, kami meyakini yang terbaik. Kami berharap, Saber Pungli ke depannya bisa lebih menggigit lagi," tegas Riki. (Red./Dodi)

Posting Komentar

0 Komentar