ticker

6/recent/Ticker-posts

116 Ribu Warga Kota Bandung Masih Menganggur

 


BANDUNG, AZYNEWS- Pengangguran masih jadi persoalan klasik di kota-kota besar, tidak terkecuali di Kota Bandung. Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, masih banyak warga Kota Bandung yang menganggur karena sulitnya mencari lapangan kerja.

Pengangguran sendiri didefinisikan sebagai penduduk yang tidak bekerja dengan kegiatannya terdiri dari sedang mencari pekerjaan, sedang mempersiapkan usaha hingga merasa tidak mungkin mendapatkan pekerjaan atau sudah putus asa.

Mengutip laporan Kota Bandung Dalam Angka yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), pada akhir tahun 2023, jumlah pengangguran di Kota Bandung mencapai 116.430 orang atau 8,83 persen dari total penduduk yakni 2.506.603 jiwa.

Jumlah angkatan kerja di Kota Bandung mencapai 1.318.915 jiwa dengan 1.202.485 di antaranya telah bekerja. Sehingga persentase bekerja terhadap angkatan kerja ialah 91,17 persen.

Dari jumlah pengangguran tersebut, paling besar berasal dari lulusan SMA dan SMK dengan jumlah 66.298 orang, disusul lulusan SMP/sederajat 30.360 orang dan perguruan tinggi dengan 19.772 orang.

Namun menurut BPS, jumlah pengangguran di Kota Bandung menurun jika dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 137 ribu orang.

Sementara itu, Pemkot Bandung terus berupaya mengurangi pengangguran, salah satu caranya dengan mendorong lahirnya wirausaha baru. Cara ini dianggap dapat memberi penghasilan bagi warga secara menyebutkan, salah satu solusi jitu untuk mengentaskan masalah pengangguran di Kota Bandung selain dengan penyediaan lapangan pekerjaan melalui bursa kerja, juga dengan mencetak wirausaha-wirausaha baru.

"Kita tentunya mendorong agar siapapun khususnya yang di Kota Bandung untuk menjadi entrepreneur. Bukan hanya yang konvensional tetapi yang nonkonvensional seperti Youtuber, online shop, dan lainnya kita terus dorong," katanya. (Red./Azynews)

Posting Komentar

0 Komentar