ticker

6/recent/Ticker-posts

Banyak Dialihfungsikan, Lahan Sawah di Kota Bandung Setiap Tahun Kian Menyusut

 


BANDUNG, AZYNEWS- Luas lahan sawah di Kota Bandung terus menyusut tiap tahunnya. Penyusutan luas lahan tersebut disebabkan karena masifnya pembangunan dan alih fungsi lahan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), luas lahan sawah di Kota Bandung pada tahun 2003 mencapai 2.104 hektare. Sayangnya luas tersebut terus menyusut dalam satu dekade terakhir.

Tercatat pada 2017, luas lahan sawah di Kota Bandung menjadi 725 hektare dan kini di tahun 2024, hanya menyisakan 702 hektare saja.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengungkapkan pemerintah terus berupaya untuk mempertahankan luas lahan persawahan yang tersisa. Salah satu langkah yang dilakukan menurut Gin Gin adalah membeli lahan persawahan yang sebelumnya dimiliki oleh perorangan. Sehingga kata dia, tidak ada lagi alih fungsi lahan persawahan.

"Kita berusaha terus mempertahankan, salah satunya dengan cara pembelian lahan oleh pemerintah. Ini untuk memastikan tidak ada perubahan fungsi," ungkap Gin Gin.

Gin Gin menyebut upaya pengendalian lahan persawahan telah diatur dalam Perpres Nomor 59 Tahun 2019. Dalam aturan itu, setiap daerah diwajibkan memiliki minimal 54 hektare Lahan Sawah Dilindungi (LSD).

Menurut Gin Gin, 54 hektare sawah itu akan diperuntukkan sebagai lahan sawah abadi. Karena itu, dia memastikan Pemkot Bandung berupaya menjaga luas lahan sawah yang ada agar tidak beralih fungsi.

"Kita konsisten untuk mempertahankan lahan sawah supaya tidak berubah fungsi. Kemudian terus meningkatkan kesejahteraan petani, seperti kemudahan dari sisi bibit, pupuk, penyediaan bahan bakar, dan sarana-prasarana lainnya," tutup Gin Gin. (Red./Septian)

Posting Komentar

0 Komentar