ticker

6/recent/Ticker-posts

BNPB Pastikan Beri Bantuan Perbaikan Rumah Rusak Terdampak Gempa di Kabupaten Bandung dan Garut

 


BANDUNG, AZYNEWS- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan bantuan untuk perbaikan rumah rusak terdampak gempa bumi di Kabupaten Bandung dan Garut, Jawa Barat, yang terjadi pada Rabu (18/9/2024), akan diberikan pihaknya bersumber dari anggaran pemerintah pusat. 

"Rumah-rumah rusak ini, termasuk infrastruktur juga segera akan diperbaiki sama dengan daerah-daerah lain. Anggarannya dari pusat lewat BNPB," kata Kepala BNPB Suharyanto saat persiapan meninjau daerah terdampak gempa bumi di Kantor Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut.

Perbaikan rumah rusak, ujarnya, masuk dalam upaya penanggulangan dampak gempa bumi berupa tahapan rehabilitasi konstruksi bangunan rumah warga maupun infrastruktur lain, usai pemerintah menetapkan status tanggap darurat bencana gempa bumi.

"Jadi, pasca bencananya yang kita pikirkan, mudah-mudahan tidak ada bencana gempa susulan," katanya.

Terkait nilai besaran uang bantuan perbaikan rumah rusak terdampak gempa di Kabupaten Bandung dan Garut, Suharyanto menjelaskan bahwa akan disesuaikan dengan tingkat kerusakan. 

“Skema bantuan perbaikan rumah yang rusak akibat gempa itu untuk rusak berat akan dibangunkan rumah baru, kemudian rusak sedang akan dibantu uang sebesar Rp30 juta, dan Rp15 juta,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bantuan lainnya untuk kebutuhan dasar dan operasional sudah diberikan kepada pemerintah daerah untuk menanggulangi daerah yang terdampak bencana gempa.

Upaya lainnya saat ini, tambahnya, adalah membentuk Satuan Tugas TNI dan Polri untuk penanganan bencana seperti yang sudah dilakukan saat bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur. 

"Jadi Satgas TNI Polri ini akan membantu masyarakat, membantu membersihkan puing-puing bekas bencana, dan bisa juga membantu masyarakat yang terdampak memperbaiki rumah rusak," paparnya. (Red./Annisa)

Posting Komentar

0 Komentar